Kamis, 02 Februari 2017

Tips membuat mie mentah kenyal tanpa bahan pengenyal kimia

Mie merupakan salah satu makanan favorite orang Indonesia, banyak sekali restoran, rumah makan dan warung yang menjual atau menyajikan mie dengan beraneka ragam rasa dan tampilan mie yang telah diolah. Namun pada dasarnya penikmat mie lebih menyukai mie yang terasa kenyal dengan tekstur yang lembut. Kunci dari semua itu tergantung dari mie mentahnya. Tidak jarang orang membuat mie mentah agara terasa kenyal dengan mencampur bahan-bahan kimia. Bagi anda yang ingin mie kenyal namun tetap sehat jika dikonsumsi saya akan memberikan tips cara membuatnya:
  1. Gunakanlah tepung dengan kualitas baik karena tepung yang kualitas jelek membuat mie mudah putus dan benyek bila dimasak.
  2. Campuran telur dan tepung harus pas. tidak jarang orang membuat mie tanpa telur hanya menggunakan obat kimia namun hal tersebut berpengaruh pada tekstur mie setelah dimasak.
  3. Proses pengadukan adonan mie harus betul-betul kalis, untuk mengetahuinya dengan cara kepal-kepal adonan mie dengan tangan, jika adonan tidak pecah saat dikepal berarti adonan siap digiling. namun usahakan adonan jangan sampai lembek.
  4. Usahakan adonan yang telah digiling dan sudah berupa lembaran tekstur permukaannya halus, jika belum ulangi beberapa kali sampai terasa halus permukaannya saat diraba.  
  5. Lembaran adonan yang akan digiling menjadi mie jangan sampai terlalu tipis karena berpengaruh pada kekenyalannya. usakan mie tidak terlalu tipis sehingga setelah dimasak dan dimakan akan terasa kenyal.
Demikian tips yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membuat mie kenyal dan sehat tanpa bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar